UNBK 2019 Berjalan Lancar Di Aceh

UNBK-SMK: Peserta mengikuti pelaksanaan UNBK-SMK di SMKN 1 Darul Aman, Aceh Timur, Senin (25/3). Harapan News/M. Ishak/C.UNBK-SMK: Peserta mengikuti pelaksanaan UNBK-SMK di SMKN 1 Darul Aman, Aceh Timur, Senin (25/3). Harapan News/M. Ishak/C.

BANDA ACEH (Harapan News): Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 yang diikuti 16.115 pelajar jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berlangsung serentak di seluruh Aceh, Senin (25/3) secara umum berjalan lancar.

“Semuanya berjalan baik,” jawab Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi Kadisdik Aceh Syaridin, Ketua Pantia UN Aceh 2019 Zulkifli dan pejabat lainnya yang memantau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 1, 2 dan 3 Lhong Raya, Banda Aceh.

Kata dia, hari pertama pelaksanaan UNBK saat pemantauan di tiga sekolah tersebut berjalan sesuai harapan.  “Ruang ujiannya nyaman, tidak ada siswa yang tidak hadir dan kemudian fasilitas komputernya juga standar,” tutur Nova Iriansyah.

Menurutnya, salah satu yang menjadi antisipasi hanya soal listrik.
“Tadi Kadisdik Aceh menyatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak PLN. Harapan kita PLN benar-benar memantau soal listrik ini agar anak-anak yang mengikuti UNBK ini berjalan aman dan lancar,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin menambahkan UNBK yang diikuti 16.115 peserta itu dilaksanakan di 202 sekolah SMK penyelenggara yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh. “Harapan kita UNBK diseluruh sekolah penyelenggara berlangsung lancar,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan UNBK tahun 2019 ini, Syaridin menargetkan ujian nasional untuk jenjang pendidikan SMA/MA, SMK, SMP/MTs dan SD/MI serta sekolah luar biasa dapat sukses dan peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan menamatkan sekolahnya tahun ini.

Pada sisi lain, Syaridin mengungkapkan pada tahun 2019 ini Aceh kembali masuk 10 besar terbanyak jumlah siswa SMA/SMK yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, “Aceh posisi lima terbanyak lulus seleksi nasioal masuk PTN di Indonesia,” tandasnya.

10 Absen
Sementara, di Aceh Timur dari 1.164 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Ajaran 2018/2019, Senin (25/3), 10 diantara peserta dinyatakan tidak hadir alias absen.

Pelaksanaan UNBK dipusatkan di 14 titik dengan rincian peserta SMKN 1 Peureulak 125 peserta, SMKN 1 Idi 233 peserta, SMKN Taman Fajar 157 prserta, SMKN 1 Simpang Ulim 115 peserta, SMKN 1 Lokop 25 peserta, SMKN 1 Julok 47 peserta, SMKN 2 Peureulak 175 peserta, SMKN 1 Pante Bidari 30 peserta, SMKN 1 Pereulak Timur 61 peserta, dan SMKN 1 Simpang Jernih 25 peserta.

Selanjutnya, SMKN 1 Darul Aman 73 peserta, SMKN 1 Indra Makmur 28 peserta, SMKN 2 Ranto Peureulak 19 peserta, dan SMK Swasta Plus Amal 24 peserta. “Ada 10 peserta yang tidak hadir dari beberapa SMK,” ujar Ketua Panitia UNBK SMK Aceh Timur 2019, Anthoni, S.Pd.

Berdasarkan laporan UNBK Sesi I dan II, peserta yang tidak hadir yaitu SMKN Lokop sebanyak 4 peserta, SMKN Peureulak Timur sebanyak 2 peserta, SMKN 1 Darul Aman sebanyak 2 peserta dan SMKN Indra Makmu sebanyak 2 peserta.

“Bidang studi yang diujiankan sesuai dengan jawal nasional yakni hari pertama Bahasa Indonesia, hari berikutnya Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan,” kata Anthoni seraya menambahkan, pelaksanaan UNBK-SMK akan berlangsung selama empat hari sejak Senin-Kamis 25-28 Maret. (b06/b24/C)


Artikel yang berjudul “UNBK 2019 Berjalan Lancar Di Aceh” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *