Timnas Basket Putra Bakal Ujicoba ke Taiwan

JAKARTA – Pelatih Timnas basket putra Indonesia, Wahyu Hidayat bakal membawa 12-13 pemainnya untuk melanjalani laga ujicoba ke Taiwan sebelum ke SEA Games 2019 di Filipina. Pelatih yang akrab sidapa Cacing itu punya alasan sendiri tidak membawa semua pemain yang bergabung di Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) agar lebih kompetitif.

Seperti diketahui sebelumnya, Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi) memiliki 15 pemain yang berada di Pelatnas. Wahyu mengatakan pemain yang berada di Pelatnas belum final. Ia hanya akan memakai pemain yang dianggap sesuai dengan skema permainannya.

“Jadi kenapa saya bawa 12-13 pemain karena biar lebih kompetitif karena masih ada promosi dan degradasi,” ungkapnya saat ditemui di lapangan basket Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Saat ujicoba di Taiwan nanti, pemain bakal tampil di ajang Jones Cup yang merupakan turnamen basket tahunan yang diselenggarakan federasi bola basket Taiwan. Ajang itu digelar untuk mengenang Renato William Jones yang merupakan salah satu pendiri federasi bola basket internasional (FIBA). Jones Cup dijadwalkan digelar pada 12-21 Juli 2019. Sebelum bersaing di Jones Cup, Wahyu menyatakan, Timnas basket Indonesia masih mempunyai pekerjaan rumah mendasar.

Ia menyebut beberapa pemainnya mengalami kelebihan berat badan. Namun ia memastikan bahwa akan kembali dengan kondisi berat badan yang ideal sebelum bertolak ke Taiwan, bulan depan. “Kalau saya geber latihan berat malah ancur badan, jadi banyak penyesuaian. Bisa tiga sampai lima kali latihan untuk penyesuaian baru geber latihan maksimalnya dan mudah-mudahan sudah bisa kembali seperti semula sebelum mereka berangkat ke Taiwan,” ungkapnya saat menanggapi kelebihan berat badan sejumlah pemainnya. (junius)


Artikel yang berjudul “Timnas Basket Putra Bakal Ujicoba ke Taiwan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *