Sambutan Plt Gubernur Aceh – Harapan News Medan

Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MTPlt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT

Bismillahirahmanirrahiim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh…

Pertama-tama, atas nama rakyat dan Pemerintah Aceh, izinkan saya mengucapkan Selamat Ulang tahun ke-72, kepada Harian Harapan News,yang terbit di Medan, Sumatera Utara, pada 11 Januari 1947.

Saya mengenal Harapan News sebagai Salah satu surat kabar tertua di Indonesia yang terbit di Sumatera, dan terus menerus terbit tanpa jeda, melintasi berbagai era, mulai dari zaman revolusi pasca Kemerdekaan, zaman Orde Lama, Orde Baru, hingga pada hari ini di era Industri 4.0, dimana kita menghadapi tantangan-tantangan baru globalisasi dan digitalisasi media.

Rekam jejak Harian Harapan News yang panjang, nyaris seusia Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini,membuktikan bahwa Harapan News adalah sebuah media yang tangguh, dipercaya, kredibel dan telah menjadi bagian dari sejarah Bangsa Indonesia, khususnya sejarah dunia pers dan pembangunan nasional.

Tanpa ketangguhan, kepercayaan dan manfaat bagimasyarakat serta negara, tidak mungkin Harapan News bias bertahan sampai sejauh ini, melawan segala tantangan zaman yang tidak semua institusi media mampu melewatinya. Kita mencatat betapa banyak surat kabar, majalah, dan berbagai lembaga penerbitan lainnya, menyerah di tengah jalan dan hanya tinggal kenangan saja,karena digerus persaingan yang keras.

Namun Harian Harapan News telah menunjukkan eksistensinya sebagai “Pemenang”, sebagai “Champion” dalam dunia penerbitan pers, khususnya di Wilayah Sumatera bagian Utara.

Bagi kami di Aceh, Harapan News juga memiliki arti penting yang tidak kalah bersejarahnya. Bagi generasi sebelum tahun 90-an, Harapan News adalah media massa utama yang menjadi bacaan semua kalangan, baik keluarga maupun lembaga-lembaga Pemerintahan dan swasta.

Harapan News telah menjadi rujukan utama informasi serta edukasi bagi Orang Aceh pada masa-masa tersebut. Meskipun setelah tahun 90-an masyarakat Aceh kemudian memiliki media massa besar yang terbit di Banda Aceh, ternyata Harapan News tetap mampu bertahan dan memiliki pembaca setianya sendiri hingga hari ini.

Oleh karena itu, dapat dikatakan Harapan News memang juga telah mendapat tempat dan menjadi bagian dari sejarah masyarakat Aceh. Harian  Harapan News juga telah menjadi mitra pembangunan Pemerintah Aceh dalam bidang informasi dan komunikasi massa pada priode yang cukup panjang.

Saya yakin, di masa depan, Harian Harapan News masih akan terus berkembang, meskipun tetap harus menghadapi tantangan yang sangat berat. Di era industry 4.0., dimana semua aktifitas kehidupan sehari-hari mulai banyak dijalankan oleh kecerdasan artifisial atau “Artificial intelligent  (AI)” melalui digitalisasi media, globalisasi jaringan data, pemanfaatan robot, aplikasi program digital dan seterusnya, media massa cetak seperti Harian Harapan News dituntut untuk melakukan reposisi.

Misalnya mengembangkan media online, yang sudah mulai berkembang. Tantangan lainnya adalah meluasnya penggunaan gadget dan aplikasi media social yang sekarang ini telah menimbulkan “virus baru” bernama “hoax”.

Jika selama ini arus informasi terkontrol pada satu pusat, maka saat ini setiap pemilik gadget dapat dengan mudah memproduksi berita, lalu menyiarkannya sendiri tanpa ada mekanisme sensor yang ketat.

Hasilnya, setiap hari kita banyak menerima serangan berita palsu, bahkan bernuansa fitnah yang juga dengan mudah diterima oleh public tanpa verifikasi. Dalam konteks ini, Harian Harapan News ditantang untuk tetap menjadi media terbaik,terpercaya, professional, beritegritas dan bermoral, jika ingin tetap bertahan melintasi zaman.

Selanjutnya, saya berharap agar Harian Harapan News dapat terus menjaga kepercayaan dan reputasi baik yang selama ini telah dimilikinya. Harian Harapan News dapat berperan sebagai “jembatan” kemitraan serta penyambung lidah informasi antara Aceh dan Sumatera Utara, dalam dunia bisnis dan kebudayaan.

 Aceh dan Sumut adalah dua propinsi tetangga dekat yang dapat dikatakan “bersaudara”. Intensitas arus barang dan jasa diantara kedua propinsi selama ini sangat tinggi, demikian juga dinamika social dan budayanya juga sangat kuat, dalam kondisi inilah Harapan News harus menjadi mitra yang strategis.

Apabila hal ini dapat dijaga dan dirawat maka kehadiran Harian Harapan News di Aceh, akan semakin bermakna dan tidak akan pernah lekang dimakan zaman. Sekali lagi saya ucapkan, Selamat Ulang Tahun ke-71 Harian Harapan News Medan. Dirgahayu.  * Wassalam ***


Artikel yang berjudul “Sambutan Plt Gubernur Aceh – Harapan News Medan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *