Rocky Minta Perusahaan Perkebunan “Angkat Kaki” Dari Aceh Timur

SUASANA Rakor Sinergitas Pemkab Aceh Timur dengan Perusahaan Perkebunan Dalam Mensejahterakan Masyarakat di Aula Serbaguna Idi, Aceh Timur, Kamis (6/12). Harapan News/M. IshakSUASANA Rakor Sinergitas Pemkab Aceh Timur dengan Perusahaan Perkebunan Dalam Mensejahterakan Masyarakat di Aula Serbaguna Idi, Aceh Timur, Kamis (6/12). Harapan News/M. Ishak

IDI (Harapan News): Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, meminta perusahaan perkebunan untuk segera menyiapkan kebun plasma seluas 20 persen dari luas Hak Guna Usaha (HGU) sesuai dengan ketentuan dan amanah perundang-undangan.

“Jika tidak bersedia menyiapkan 20 persen kebun plasma untuk masyarakat, silakan keluar dari daerah ini,” tegas Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM Thaib atau Rocky, dalam Rapat Koordinasi Sinergitas Pemkab Aceh Timur dengan Perusahaan Perkebunan Dalam Mensejahterakan Masyarakat Sekitarnya di Aula Serbaguna Idi, Kamis (6/12).

Dihadapan pejabat Kanwil Badan Pertanahan Negara (BPN) Aceh, Rocny meminta melakukan pengukuran ulang HGU, karena tidak sedikit HGU milik perusahaan perkebunan telah menghilangkan hak-hak desa dan menjarah kebun masyarakat.

“Berbagai kewajiban perusahaan perkebunan selama ini juga belun dilaksanakan, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan pajak dari hasil pengadaan barang/jasa, tidak masuk ke PAD kita,” ujar Rocky.

Seharusnya, sambungnya, pihak perusahaan perkebunan membangun kemitraan dengan masyarakat dan pemerintah, sehingga rakyat sejahtera dan daerah maju sesuai dengan keinginan bersama.

Rocky meminta pihak perusahaan mengeluarkan desa-desa yang masih dalam HGU, sehingga aparat desa dapat membangun desanya dengan berbagai sumber anggaran yang ada di desa.

“Kita hari ini harus sepakat membangun kebun plasma. Setelah kami rekomendasi nantinya akan disertifikasi oleh BPN,” tutur Rocky dihadapan para pimpinan perusahaan perkebunan.

“Ayo kita sama-sama bangun daerah, sehingga kedepan keberadaan perusahaan perkebunan di daerah ini benar-benar dirasakan masyarakat,” tutur mantan gerilayawan GAM itu. (b24)


Artikel yang berjudul “Rocky Minta Perusahaan Perkebunan “Angkat Kaki” Dari Aceh Timur” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *