Ma’ruf Amin: Pemerintah akan Bentuk Badan Riset Nasional dan Siapkan Dana Abadi Riset

JAKARTA – Kembangkan riset Indonesia Cawapres 01 Ma’ruf Amin tegaskan pemerintah akan membentuk Badan Riset Nasional.

Hal tersebut ditegaskan Ma’ruf  dalam debat di The Sultan Hotel Jakarta, Minggu (17/3/2019)

“Kami bentuk Badan Riset Nasional. Ini bukan menambah lembaga tapi menyatukan lembaga, karena selama ini riset dilakukan oleh berbagai lembaga. Dengan penyatuan lembaga riset di Badan Riset Nasional, maka diharapkan hasil riset lebih efektif dan berguna untuk pembangunan negara,” tegas Ma’ruf.

Pernyataan itu sekaligus menanggapi pernyataan Sandi bahwa pembentukan badan baru akan mengakibatkan menambah birokrasi.

“Bagi Prabowo Sandi adalah memangkas birokrasi. Apalagi saat ini hasil riset tidak digunakan, menumpuk dan menimbulkan debu. Pemerintah harusnya memfasilitasi,” ujar Sandi mengomentari pernyataan Ma’ruf sebelumnya.

Ma’ruf menambakan, badan ini dibentuk karena saat ini riset masih terbagi di lingkup kementerian. Untuk itu, badan baru itu disebut Ma’ruf akan menjadi jawaban.

Pernyataan Ma’ruf ini juga menjawab  pertanyaan panelis mengenai prediksi pendapatan domestik bruto Indonesia yang diprediksi berada di 5 besar dunia pada 2045.
Panelis mempertanyakan tentang komitmen para cawapres itu tentang riset karena untuk mencapai posisi itu dibutuhkan peningkatan riset.

Ma’ruf  pada kesempatan itu menegaskan, pemerintah akan mengoptimalisasi riset dengan mengembangkan dana abadi pendidikan, kebudayaan, dan riset. Dia menyebut dana itu akan sangat berguna bagi riset di masa depan.

“Dengan berbagai dana itu, kami yakin riset kita di masa yang akan datang, kita akan menjawab Ten Years Challenge,” tegas Ma’ruf.(ikbal/tri)


Artikel yang berjudul “Ma’ruf Amin: Pemerintah akan Bentuk Badan Riset Nasional dan Siapkan Dana Abadi Riset” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *