Majalengka Musim Mewarnai, Batu Cadas Sungai Cideres Dilukis

Batu-batu besar di sungai Cideres Jatipamor Majalengka dilukis warna-warni. (Foto: Istimewa)

Kurasi Media | MAJALENGKA – Setelah jembatan Jatipamor Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, yang dicat warna-warni menyerupai pelangi‎ dan viral di dunia sosial media. Kini batu-batu Cadas dan besar yang ada di sungai Cideres, juga terlihat berwarna dengan aneka bentuk hewan yang beragam, ada dinosaurus, biawak serta hewan lainnya. 

Nyatanya, bentuk lukisan juga bervariatif yakni ada lukisan bunga, bola, dan lukisan abstrak. Hasilnya, saat ini dasar sungai Cideres yang melintas di bawah jembatan Jatipamor terlihat memanjakan mata. Sejumlah orang mulai melirik dan mencoba untuk berfoto.

Tokoh masyarakat Jatipamor, seniman lukis setempat, Maya Berlin mengatakan inisiatif melukis itu bermula setelah suksesnya melukis jembatan Jatipamor yang dicat penuh warna. Rupanya respon masyarakat cukup positif. Jembatan yang tadinya angker itu, kini dipakai untuk selfie dan foto-foto.

“Nah, booming tentang jembatan pelangi itu telah sukses, kini kita mewarnai batu-batu yang ada di sungai Cideres. Tepat di bawah jembatan Jatipamor,” ungkapnya, Minggu (16/6/2019). 

Maya menambahkan mengenai sumber dananya, ia mengumpulkannya secara swadaya dari masyarakat seikhlasnya. Jembatan yang sudah bagus harus didukung oleh lingkungannya yang juga bagus. 

“Di musim kemarau ini, sungai Cideres tampak banyak bebatuan. Namun, setelah dilukis rupanya juga bisa menjadi media hiburan. Dan sekarang banyak warga yang melirik dan berfoto,” ungkapnya. 

Adanya pendapat warga, bahwa jika musim hujan pastinya akan terkena banjir, maka lukisan dalam batu-batu itu sudah pasti tenggelam. Menanggapi itu, Maya Berlin menjawab sederhana, bahwa di dunia ini semuanya bersifat fana dan rusak. 

“Ada juga warga yang sempat bilang, itu kalau banjir pasti gak akan terlihat lagi batu-batu yang dilukis itu. Saya jawab begini, yang namanya di dunia ini semuanya pasti musnah. Kenapa kita tidak berkarya saja? Dijawab begitu mereka pun lantas faham,” ungkapnya. 

Sementara itu, karena situasi jembatan Jatipamor sudah berwarna, ditambah di bawahnya banyak bebatuan bergambar, pengendara yang lewat sebagian menyempatkan untuk berfoto. 

“Kalau kebawah kejauhan, paling selfie diatas jembatan ini, dengan latar batu-batu lukisan itu,” ungkap pengendara yang lewat, Ujang. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Artikel yang berjudul “Majalengka Musim Mewarnai, Batu Cadas Sungai Cideres Dilukis” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *