Cegah Perploncoan di Sekolah, Dinas Pendidikan Diminta Lakukan Pengawasan Ketat

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) memantau pelaksaan kegiatan siswa baru di seluruh sekolah. Kepala sekolah yang membiarkan kegiatan perpeloncoan harus ditindak tegas.

“Saya minta Dinas Pendidikan memberikan instruksi kepada seluruh kepala sekolah agar mengawasi ketat kegiatan siswa, jangan sampai ada kegiatan perploncoan,”kta Prasetio Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta, Senin (15/7).

Menurut Prasetio, pihaknya tidak ingin ada siswa yang menjadi korban. “Sebab itu, sejak dini harus diingatkan,” kata Prasetio. “Ini karena proses belajar baru dimulai.”

Sementara itu, Rationo, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan sudah memberi peringatakan kepada seluruh kepala sekolah baik tingkat SMP maupun SMA dan SMK. “Saya sudah ingatkan agar seluruh kepala sekolah mengawasi kegiatan siswa baru. Tidak boleh ada kegialan perploncoan,” kata Rationo. “Terutama kegiatan berupa kekerasan fisik sebagai hukuman atas satu kegiatan. ”

Ia juga meminta seluruh siswa SMP, SMA dan SMK di Jakarta tidak membawa sepeda motor ke sekolah. Seluruh siswa diharapkan menumpangi bus sekolah yang telah disediakan.

“Ya sebaiknya anak-anak jangan bawa motor, kecuali kalau dijemput. Kan bisa menumpangi bus sekolah, ya berdiri sebentar enggak apa apa,”katanya.

Ratiyono menuturkan, beberapa pertimbangan untuk melarang siswa membawa kendaraan bermotor ke sekolah antara lain karena belum cukup umur dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Ditambah lagi lahan parkir sekolah yang terbabatas.

“Sebaiknya jangan bawa kendaraan karena enggak ada tempat parkir. Apalagi anak SMP belum punya SIM. Orangtua disarankan cari solusi misalnya membeli sepeda,” tuturnya. “Bisa juga naik angkutan umum.” (john/yp)


Artikel yang berjudul “Cegah Perploncoan di Sekolah, Dinas Pendidikan Diminta Lakukan Pengawasan Ketat” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *